Sabtu, 18 Maret 2017

Mikrotik Cloud Hosted Router (CHR) solusi Gratis belajar Mikrotik berbasis virtualisasi

| No comment

      Tahun lalu mikrotik telah mengeluarkan produk barunya. Produk yang penulis maksud bukanlah produk berupa Hardware, melainkan produk OS mikrotik yang lain dari yang sebelumnya. Produk tersebut dinamai dengan Cloud Hosted Router (CHR), CHR sendiri di khususkan untuk instalasai pada KVM ( Kernel-Based Virtual Machine). CHR hanya dapat di gunakan dalam mesin virtual, istimewanya produk ini berbeda dengan produk OS mikrotik pendahulunya, dimana mikrotik dengan lisensi free di batasi hanya dapat menggunakan dalam waktu 24 Jam saja. Diversi free CHR ini dapat di gunakan selamanya tanpa batasan waktu akan tetapi mikrotik hanya membatasi kecepatan trafik keluar dan masuk sebesar 1Mbit untuk setiap interfacenya. Dengan trafik trafik 1Mbit saya rasa sudah cukup untuk  pemula belajar mikrotik tanpa memerlukan biaya membeli lisensi. Atau setidaknya adalah dapat menikmati semua fitur mikrotik di versi free dan tidak ada batasan waktu untuk penggunaanya. 
      Pengalaman pribadi penulis,sebelum keluar produk CHR ini, ketika melakukan instalasi pada Virtual Machine, akan  mendapatkan RouterOS dengan Level 0 atau Trial Version selama 24 Jam. Dan untuk bisa menggunakannya lebih lama atau menginginkan fitur yang lebih lengkap, harus membeli lisensi di RouterOS tersebut. Atau dengan cara pintas dengan cara mencari Crack mikrotik untuk menikmati fitur yang lengkap. Dengan adanya CHR saat ini tidak perlu membeli lisensi lagi atau melakukan cracking mikrotik untuk sekedar untuk belajar mikrotik atau untuk mencoba fitur mikrotik.
Selain untuk keperluan belajar CHR dapat juga di install dalam VPS kita, untuk keperluan tunnelinng, Hotspot Server online atau untuk kepeluan lainya. Untuk keperluan yang membutuhkan trafik lebih dari 1Mbit Mikrotik juga menyediakan lisesnsi agar speed interfacenya dapat di sesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini adalah daftar harga lisensi CHR mikrotik :

Dengan adanya produk CHR mikrotik ini sangat membantu banyak pemula dan orang yang awam mengenai mikrotik. untuk mencoba fitur mikrotik atau untuk belajar mengenai mikrotik. CHR ini bagi penulis sangat bermanfaat dalam rangka belajar mengenai mikrotik secara gratis tanpa membeli lisensinya. (mada)
Tags :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts